Berita

  • Home
  • Berita
  • Nonton Bareng Film “Surat Cinta untuk Kartini”

Nonton Bareng Film “Surat Cinta untuk Kartini”

  • adminkowani
  • 18 August 2016
News Image
Jakarta, KOWANI — Senin, 25 April 2016, Pukul 19.15, KOWANI beserta beberapa anggota organisasi Kowani melaksanakan kegiatan Nonton Bareng Film “Surat Cinta untuk Kartini” di XXI Blok M Square, Jakarta.

Film yang diputar bertepatan dengan Hari Kartini 2016 ini merupakan cerita fiktif dengan latar belakang sejarah nasional Indonesia di Tahun 1900-an.

Bercerita tentang seorang Tukang Pos di Jepara yang jatuh cinta kepada R.A. Kartini yang terkenal karena kesederhanaan dan kebersahajaannya. Sarwadi (Chicco Jerikho) seorang tukang pos yang sering mengantar surat-surat yang ditujukan untuk Kartini (Rania Putri Sari).

Kartini memang berasal dari kaum ningrat, anak Bupati Jepara, namun semua itu tidak menjadikan Kartini pribadi yang sombong, namun justru sebaliknya. Kartini kerap peduli pada rakyat kecil. Karena sikap Kartini itulah, Sarwadi jatuh cinta.
Sarwadi sering bercerita tentang Kartini kepada sahabatnya, Mujur (Ence Bagus), namun tanggapan yang keluar dari mulut sahabatnya justru mengecap Kartini sebagai sosok wanita yang aneh karena ingin mendobrak tradisi, sedangkan semua orang di masa itu tahu bahwa adat-istiadat adalah suatu hal yang sangat tabu untuk dilanggar. Selanjutnya orang-orang lain yang ia temui juga mengatakan hal serupa.

Namun seketika pemikiran Sarwadi yang semula berfikir bahwa kodrat wanita hanya untuk menikah dan mengurus keluarga, menjadi sirna, tatkala ia mengetahui bahwa Kartini ingin mendirikan sekolah bagi kaum bumiputera. Sarwadi semakin kagum, akan pemikiran Kartini bahwa wanita terdidik kelak akan mendidik anak-anaknya dengan lebih maju. Akhirnya Sarwadi mengajak anaknya Ningrum (Christabelle Grace Marbun) untuk belajar di sekolah milik Kartini.

Sarwadi merasa bangga bisa mencintai Kartini yang pantang menyerah, namun hatinya hancur saat mendengar Kartini dilamar oleh Bupati Rembang yang telah memiliki 3 orang istri.

Film ini digarap oleh MNC Pictures, dengan Produser Lukman Sardi serta Sutradara Azhar Kinoi Lubis dan Penulis Skenario Veda Varidia.

Sepanjang berlangsungnya film ini, di setiap adegan lucu, Pengurus Kowani selalu tertawa dengan meriahnya. Keceriaan menonton bersama ini tampak hingga film usai dan rombongan keluar dari ruangan Teater.

image

Create Comment

Your email address will not be published.