Berita

Kunjungan Kowani ke Kedutaan Iran

  • adminkowani
  • 14 August 2019
News Image

Dewan Pimpinan Kongres Wanita Indonesia (Kowani) melaksanakan kunjungan dengan Duta Besar Iran untuk Indonesia Valiollah Mohammadi, yang akan menyelesaikan masa tugasnya di Indonesia, Rabu (14/8/2019).

Bekerja di Indonesia selama 4,5 tahun di Jakarta, Bapak Valiollah mengaku telah membuat banyak kenangan. Kenangan tercipta sebagai bagian dari usaha kerasnya dalam mendorong kerja sama dengan Indonesia di berbagai bidang.

Bapak Valiollah menganggap Indonesia sebagai negara yang memiliki kemampuan untuk bekerja sama dengan dunia. Mulai dari negara tetangga, negara Islam, hingga negara maju.

Bapak Valiollah menuturkan bahwa besok malam akan meninggalkan Indonesia dan akan digantikan dengan Duta Besar Iran untuk Indonesia yang baru. Harapannya kerjasama Iran dan Indonesia akan berlanjut dengan pertukaran delegasi. Baginya, hubungan Indonesia dan Iran sebenarnya sudah mengalami kemajuan. Hanya saja, arus hubungan ini belum selaras dengan potensi-potensi yang ada dari masing-masing negara, hal ini menjadi tugas utama duta besar penggantinya.

Hubungan Indonesia dan Iran sangat erat. Keduanya saling mendukung diberbagai bidang, seperti konsultasi politik terus menerus dijalankan kedua belah pihak sehingga tercipta hubungan yang baik diperpolitikan.

Bapak Valiollah menambahkan bahwa Iran juga memiliki berbagai komite / badan bersama Indonesia antara lain terkait dengan Hak Asasi Manusia, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Politik, Perdagangan dan lain-lain dimana Ketua Komite ditangani oleh pemerintah kedua belah pihak.

Iran dan Indonesia juga telah melaksanakan kunjungan pejabat-pejabat dan sebagai puncaknya kunjungan Kepala Negara ke negara satu sama lain.

Selain kerjasama dengan pemerintahan, Kedutaan Iran juga melaksanakan kerjasama dengan non pemerintah yaitu dengan menjalin hubungan dengan masyarakat baik dibidang olahraga, parlemen, NGO maupun swadaya masyarakat yang aktif diberbagai bidang.

Sementara itu di Bidang Perempuan dan Anak, Kedutaan Iran telah menandatangani kerjasama dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia dan telah membentuk komite.

Dalam kerjasama tersebut dijelaskan bahwa Komite akan melaksanakan pertemuan sebanyak 2 kali dalam satu tahun dimana pertemuan pertama telah dilaksanakan di Indonesia sedangkan pertemuan kedua akan dilaksanakan di Iran pada bulan September atau Oktober mendatang. Bapak Valiollah berharap Kowani dapat terlibat pada pertemuan tersebut.

Beliau berharap kerjasama dibidang LSM yang bergerak dibidang Kewanitaan, Wirausaha dan sebagainya antara Kedutaan Iran dengan Kowani dapat terus berlanjut.

Sementara itu, kepada Duta Besar Iran, Ketua Kowani Lia Tono Suratman menyampaikan salam dari Ketua Umum Kowani yang pada saat ini sedang berada di Washington mengikuti kegiatan dengan White Ribbon Alliance.

Ibu Lia juga berterima kasih kepada Bapak Valiollah atas kerjasama yang telah terjalin baik dengan Kowani selama ini serta untuk perhatian besar dan khusus beliau terhadap perempuan Indonesia.

Pada kesempatan tersebut Ibu Lia Tono Suratman didampingi oleh Wasekjen Kowani Ibu Atiek Sardjana, Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri Ibu Hadriani Uli Silalahi dan Ketua Bidang Humas Ibu Ery Simanjuntak

Create Comment

Your email address will not be published.