Berita

  • Home
  • Berita
  • Kowani dorong masyarakat tingkatkan kesalehan sosial saat Ramadhan

Kowani dorong masyarakat tingkatkan kesalehan sosial saat Ramadhan

  • adminkowani
  • 30 March 2024
News Image

Jakarta (ANTARA) – Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (Kowani) Giwo Rubianto Wiyogo mendorong masyarakat untuk dapat meningkatkan kesalehan sosial khususnya pada perlindungan perempuan dan anak melalui momen Ramadhan.

“Kesalehan sosial maupun kepedulian pada sesama perlu terus ditingkatkan, terutama perlindungan pada perempuan dan anak,” ujar Giwo di Jakarta, Minggu.

Dia menjelaskan Kowani sebagai organisasi federasi yang beranggotakan lebih dari 97 juta perempuan di Indonesia, memiliki kewajiban dalam memberikan perlindungan pada perempuan dan juga anak sebagai generasi penerus bangsa.

“Bukan hanya tanggung jawab negara saja yang memiliki kewajiban memberikan perlindungan, tetapi juga kita sebagai masyarakat dan juga seorang ibu dalam menyiapkan generasi penerus bangsa yang cerdas serta terlindungi,” imbuh dia.

Pihaknya juga melakukan sosialisasi pada berbagai lembaga seperti pondok pesantren, yayasan maupun panti asuhan terkait pentingnya perlindungan perempuan dan anak. Menurut dia, tugas sebagai pengasuh panti asuhan bukan hanya memberikan makanan dan pendidikan yang cukup saja, tetapi juga membimbing anak-anak tersebut.

Sebelumnya, Kowani menyelenggarakan buka puasa bersama dengan mengundang sebanyak 100 anak yatim piatu dari berbagai panti asuhan di Jakarta. Dalam kegiatan tersebut, tidak hanya memberikan bantuan saja tetapi juga memberikan motivasi kepada anak-anak yatim dan anak-anak dhuafa, bahwa mereka memiliki kesempatan dan peluang untuk bisa maju dalam berbagai bidang.

“Ada banyak pihak yang siap membantu, memfasilitasi anak-anak kurang beruntung untuk bisa meraih masa depannya yang lebih gemilang. Tentu Kowani hanya salah satunya. Di luar itu kita kenal Baznas, dan lembaga lainnya,” kata Giwo.

Ketua Bidang Agama Kowani, Mariam Thahary, kegiatan Amaliyah Ramadhan pada tahun ini mengusung tema “Ramadhan Meningkatkan Kesalehan Sosial untuk Menguatkan Persaudaraan Sebangsa dan Setanah Air, kegiatan Amaliyah”. Melalui kegiatan tersebut, dia berharap dapat meningkatkan kepedulian masyarakat pada lingkungan sekitarnya.

“Amaliyah Ramadhan memberikan kesempatan kepada para pengurus dan anggota Kowani untuk menyisihkan Sebagian hartanya dalam bentuk zakat, infak dan sodaqoh (ZIS). Dana ZIS yang terkumpul tersebut kemudian disampaikan kepada mereka yang membutuhkan terutama anak yatim dan kaum dhuafa,” kata Mariam.

https://www.antaranews.com/berita/4036917/kowani-dorong-masyarakat-tingkatkan-kesalehan-sosial-saat-ramadhan

Create Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *