Berita

Talkshow Mengenang Jasa Pahlawan

  • adminkowani
  • 19 January 2017
News Image

Dalam sambutannya Ketua Umum Kowani menyampaikan sebagai generasi penerus bangsa harus paham dan menjiwai semangat sejarah perjuangan bangsa yang telah ditorehkan dengan tinta emas oleh para pahlawan. Kita wajib dan mutlak mewarisi jiwa dan semangat patriotik dan terus mampu mewujudkan serta mengaplikasikannya sesuai mandala dan bentuk tantangan jamannya. Terlebih ditengah maraknya dinamika kehidupan modern yang menawarkan kehidupan serba “pragmatis” yang ditandai dengan budaya instant, materialisme, individualusme dan hedonisme yang tidak sejalan dengan pemaknaan nilai “kepahlawanan”, kata Ibu Giwo.

Kita harus mengedepankan kepentingan negara/umum jauh diatas kepentingan pribadi, ibu Giwo mengingatkan. Sebagai ibu dalam pengertian umum maupun IBU BANGSA dalam pengertian spesifik yang bertanggung jawab untuk tetap melestarikan jiwa patriot kepada generasi penerus yang berarti mempersiapkan generasi yang berwawasan kebangsaan berdaya saing dan unggul serta militan. Jika sekolah mengajarkan sejarah, tugas ibu mengajarkan cerita heroik, diasuh dan dilengkapi dengan akhlak mulia, makna keluhuran sepanjang hayat, setiap detik menit jam minggu dan selamanya tanpa henti dan jangan lelah, itulah hakekat peran ibu, lanjut Ibu Giwo.

Kowani berharap acara ini tidak hanya dilaksanakan sekali dan sekilas, tetapi terus bergulir sehingga dapat memberikan multiplier effect yg memberikan dampak dan gaung ke seluruh Nusantara. Semoga Pancasila, UUD 45 serta Bhineka Tunggal Ika terus terjaga sampai selama-lamanya. pungkasnya.

Acara yang diselenggarakan oleh Keluarga Besar Wirawati Catur Panca bekerjasama dengan Kementerian Sosial ini juga dihadiri oleh Menteri Sosial, Ibu Khofifah Indar Parawansa sebagai salah satu narasumber sekaligus membuka acara. Narasumber lainnya adalah Prof. Dr. Anhar Gonggong dan Firman Jaya Daely, SH.

Menurut Dra. Hj. Irna H.N. Hadi Suwito selaku Ketua Umum Keluarga Besar Wirawati Catur Panca, acara ini diselenggarakan dalam rangka mengenang dan menteladani jasa para Pahlawan Kemerdekaan RI.

Acara yang mengangkat tema “Pahlawan dalam Bentuk Kekinian dalam Bingkai Pancasila di NKRI” ini dimulai dengan pemutaran film tentang pahlawan.

Galeri:

IMG-20170112-WA0008

IMG-20170112-WA0002

Create Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *