Berita

  • Home
  • Berita
  • Peluncuran Gerakan Pengenalan Edukasi Keuangan Anak Usia Dini

Peluncuran Gerakan Pengenalan Edukasi Keuangan Anak Usia Dini

  • adminkowani
  • 6 December 2017
News Image

 

Pengurus Bidang Humas Kongres Wanita Indonesia (Kowani) Suzanna Mulyani dan Nani P. Hardjono, mewakili Ketua Umum Kowani menghadiri Peluncuran Gerakan Pengenalan Edukasi Keuangan Anak Usia Dini pada tanggal 4 Desember 2017 bertempat di Hotel Bidakara, Jakarta.

Acara yang bertujuan untuk mengoptimalkan manfaat pojok baca & dongeng serta memperkenalkan pengetahuan dasar di bidang keuangan sejak usia dini ini diselenggarakan oleh YKAI (Yayasan Kesejahteran Anak Indonesia) bekerjasama dengan Bank Indonesia (BI).

YKAI (Yayasan Kesejahteran Anak Indonesia) adalah lembaga nirlaba yang didirikan pada tanggal 17 Juli 1979 yang bertujuan meningkatkan kualitas dan kesejahteraan anak Indonesia. Saat ini YKAI dan Bank Indonesia (BI) menginisiasi program pilot mengenalkan pengetahuan dasar di bidang keuangan sejak dini atau Pengenalan Edukasi Keuangan Anak Usia Dini.

Peluncuran program pilot dari YKAI dan BI ditujukan kepada para pendidik di 183 Lembaga PAUD penerima manfaat Pojok Baca dan Dongeng (PBD) yang telah didukung oleh BI sejak 2014 dan berada di 45 kota di 34 Provinsi.

Dengan mengangkat tema “Indonesia Cerdas” BI Corner menyediakan aktivasi program dongeng di seluruh Indonesia dengan sarana pojok baca BI meliputi perpustakaan anak, fasilitas buku & rak buku.

Pojok baca & dongeng PAUD memberikan manfaat untuk tumbuh kembang anak, mengasah keterampilan anak untuk berpikir logis, kritis & kreatif, menumbuhkan rasa empati & kasih sayang, menjaga organ otak anak agar tetap aktif, mengembangan nilai kemampuan  imajinasi, menambahkan nilai-nilai positif dalam kehidupan & memperkenalkan anak tentang edukasi keuangan serta menumbuhkan semangat anak untuk menemukan cita-citanya.

Direktur Komunikasi BI Argona Hutabarat berharap dengan momentum ini dapat menyatukan langkah Bank Indonesia dengan seluruh pihak terkait & elemen masyarakat terhadap upaya meningkatkan minat baca & literasi keuangan bagi anak usia dini.

Dalam kegiatan peluncuran ini YKAI mengundang sekitar 350 guru perwakilan lembaga-lembaga PAUD yang ada di Jabodetabek serta mitra-mitra BI dan YKAI.

Turut hadir pada acara ini Direktur Komunikasi BI Argona Hutabarat, Ketua YKAI dr. Damanhuri Rosadi, SKM., Dirjen Pauni & Diknas Kemendikbud diwakili oleh Dr. Kurniati Restu Ningsih dan Direktur Eksekutif Divisi Komunikasi BI Agusman.

Sementara itu seminar diisi oleh 3 narasumber antara lain (1) Drs. M Syarif Bando MM (Kepala Perpustakaan) dengan materi “Peran Perpustakaan Bagi Anak Usia Dini dalam Era Digitalisasi”, (2) Dra. Lenny Nurhayati Rosalun MSc (Deputi Tumbuh Kembang Anak KPPPA) dengan materi Peran Keluarga & Masyarakat Dalam Gerakan Edukasi Anak Usia Dini pada Tumbuh Kembang & Perlindungan Anak, dan (3)  DR. Nurlaila Nuzulul Qur’any Mei Tientje (Badan Akreditasi Paud Nasional & Paud PNK) dengan materi “Pentingnya Edukasi Keuangan”.

 

Didiklah anak dengan : kasih sayang, cinta, perhatian, penghormatan, lemah lembut, sopan, penghargaan terhadap pandangan anak & tanpa kekerasan.

 

Create Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *