Pilih Bahasa :

AISYIYAH

Tanggal Berdiri : 1917

Sejarah

SEJARAH DAN PERKEMBANGAN ORGANISASI

Aisyiyah merupakan organisasi wanita pertama yang terdaftar sebagai anggota Kowani. Organisasi yang didirikan oleh Nyai Ahmad Dahlan (Isteri dari KH. Ahmad Dahlan seorang tokoh dan pendiri Muhammadiyah) ini bergerak di bidang sosial keagamaan melalui pendekatan “Amar Ma’ruf Nahi Munkar” (Mengajak berbuat baik dan menghindari perbuatan buruk) dengan sasaran kaum wanita, demi tegaknya agama Islam dan terwujudnya kaum wanita yang muslimah di Indonesia.


Sejarah berdirinya organisasi Aisyiyah tidak bisa dilepaskan dari keberadaan organisasi Muhammadiyah yang dibentuk oleh KH. Ahmad Dahlan pada tahun 1912 di Yogyakarta. Nyai HA Dahlan pada tahun 1917 membentuk sebuah forum pengajian yang diperuntukkan bagi para wanita dan kaum buruh batik yang bertempat tinggal di sekitar rumah beliau, yakni di desa Kauman Yogyakarta. Pada awalnya perkumpulan pengajian kaum wanita itu diberi nama “Sapa Tresna” (siapa sayang). Perkumpulan pengajian yang dipimpin oleh Nyai Ahmad Dahlan dari waktu ke waktu terus berkembang, dan pada pada tahun 1920 disepakati perkumpulan pengajian wanita ini merubah namanya dari Sapa Tresna menjadi Organisasi Aisyiyah. Kata Aisyiyah diambil dari nama istri nabi Muhammad SAW, dengan harapan para anggota Aisyiyah khususnya dan para wanita Indonesia umumnya dapat menjadi wanita dan isteri yang solehah seperti yang dicontohkan oleh isteri nabi Muhammad tersebut.


Pada perkembangannya selanjutnya kegiatan organisasi Aisyiyah tidak hanya terbatas berkecimpung dalam pengajian kaum wanita saja, tetapi juga bergerak dalam pendidikan formal dengan tetap memprioritaskan pendidikan agama untuk para siwanya. Aisyiyah mendirikan sekolah mulai dari tingkat Taman Kanak – Kanak yang diberi nama Bustanul Atfal, tingkat Sekolah dasar yang diberi nama Madrasah Zaimat dan pendidikan tingkat menengah yang diberi nama Sekolah Mualimat.


VISI DAN MISI ORGANISASI AISYIYAH


1. Visi .
  1. Pertama, visi ideal. Tegaknya agama Islam dan terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.
  2. Kedua visi pengembangan. Tercapainya usaha – usaha Aisyiyah yang mengarah pada penguatan dan pengembangan dakwah amar makruf nahi munkar.


DIREKTORI ORGANISASI ANGGOTA KONGRES WANITA INDONESIA 1

2. Misi.
  1. Pertama, Menanamkan keyakinan, memperdalam dan memperluas pemahaman, meningkatkan pengalaman serta menyebarluaskan agama Islam dalam segala aspek kehidupan.
  2. Kedua, Meningkatkan harkat dan martabat kaum wanita sesuai dengan ajaran Islam.
  3. Ketiga, Meningkatkan kualitas dan kuantitas pengkajian terhadap agama Islam.
  4. Keempat, Memperteguh iman, memperkuat dan menggembirakan ibadah, serta mempertinggi akhlak.
  5. Kelima, Meningkatkan semangat ibadah, jihat zakat, infaq, shodaqoh, wakaf, hibah serta membangun dan memelihara tempat ibadah dan amal usaha yang lain. 
  6. Keenam, Membina AMM Putri untuk menjadi pelopor, pelangsung dan penyempurna gerakan Aisyiyah.
  7. Ketujuh, Meningkatkan pendidikan, mengembangkan kebudayaan, memperluas ilmu pengetahuan dan teknologi serta menggairahkan penelitian.
  8. Kedelapan, Memajukan perekonomian dan kewirausahaan kearah perbaikan hidup yang berkualitas.
  9. Kesembilan, Meningkatkan dan mengembangkan kegiatan dalam bidang – bidang sosial kesejahteraan masyarakat, kesehatan dan lingkungan hidup.
  10. Kesepuluh, Meningkatkan pengupayaan penegakan hukum, keadilan dan kebenaran serta memupuk semangat persatuan dan kesatuan bangsa.
  11. Kesebelas, Meningkatkan komunikasi, ukhuwah, kerjasama di segala bidang dan kalangan masyarakat dalam dan luar negeri.
  12. Keduabelas, Usaha – usaha lainnya yang sesuai dengan maksud dan tujuan organisasi.
STRUKTUR ORGANISASI DAN FOKUS KEGIATAN

1. Struktur organisasi Pusat sampai daerah, sebagai berikut :
  1. Kedudukan Pengurus Pusat : di Yogyakarta
  2. Kepengurusan Daerah Berjumlah : 362
  3. Kepengurusan Cabang Berjumlah : 2.098
  4. Kepengurusan Ranting Berjumlah : 6.628
2. Fokus Kegiatan :
  1. Pendidikan
  2. Pembinaan Mental dan Budaya.
  3. Sosial, Kependudukan dan Kesejahteraan Keluarga.
  4. Ekonomi dan Koperasi.
  5. Tenaga kerja.
  6. Lingkungan Hidup.

IDENTITAS ORGANISASI

1. Nama Organisasi : AISYIYAH
2. Alamat Kantor Pusat : Jl. Gandaria I/1, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.
Tlp : 7260492
Fax : 7260492
3 . Keterikatan Dengan Organisasi Lain
a. Anggota/Bagian Dari : Muhammadiyah
b. Anggota Federasi Dari : Kowani
4. Tahun Berdirinya : 1917
5. Tahun Masuk Kowani : 1928
 

Informasi Lainnya

Sampai menjelang kemerdekaan RI setiap tahun Aisyiyah secara rutin menyelenggarakan kongres, dan pada perkembangan selanjutnya yaitu setelah Kemerdekaan RI istilah kongres diganti menjadi ”Muktamar” yang diselenggarakan setiap 3(tiga) tahun sekali. Kemudian sejak tahun 1982 penyelenggaraan muktamar Aisyiyah diselenggarakan menjadi 5(lima) tahun sekali. Organisasi Aisyiyah terus berkembang pesat dan saat ini sudah tersebar ke seluruh wilayah Indonesia.