Berita

  • Home
  • Berita
  • Menteri Sosial Membuka Kowani Fair 2017

Menteri Sosial Membuka Kowani Fair 2017

  • adminkowani
  • 8 June 2017
News Image

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa secara resmi membuka Kowani Fair 2017 di SME Tower, Jakarta, Kamis (1/6/2017).  Kowani Fair merupakan acara tahunan yang diselenggarakan dalam rangka memfasilitasi dan  mempromosikan hasil produk dari pengusaha wanita Indonesia dan juga  sebagai sarana dalam mencari pasar-pasar baru bagi produk-produk yang ada. Tema yang diusung tahun ini adalah “Memperkuat Kemandirian Ekonomi Perempuan Berbasis Kearifan Lokal dengan memanfaatkan Sarana Teknologi Informasi”.

Bertepatan dengan hari lahirnya Pancasila, dalam sambutannya Menteri Sosial mendorong kaum wanita untuk memiliki kemandirian ekonomi karena peran wanita dalam perekononomian tanah air memiliki unsur yang penting guna meningkatkan kesejahteraan keluarga dan mengurangi angka kemiskinan. Menteri Sosial juga berharap agar organisasi-organisasi wanita dapat lebih aktif untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan kaum wanita, sehingga mampu mendongkrak kemandirian masing-masing pribadi.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Kowani Dr. Ir. Giwo Rubianto Wiyogo, M.Pd. mengusulkan kepada Menteri Sosial agar Laksamana Malahayati, seorang pejuang wanita dan Laksmana  Muslimah pertama di dunia dari Aceh, agar dapat diangkat sebagai pahlawan nasional. Hal ini sekaligus menyikapi minimnya jumlah pahlawan nasional wanita dibanding pahlawan nasional pria. Dari total 169 pahlawan nasional, hanya 12 yang wanita.

Menanggapi usulan tersebut, Menteri Sosial mengatakan bahwa Kowani harus mendapat rekomendasi resmi dari Pemerintah Provinsi Aceh mengingat Laksamana Malahayati berasal dari Aceh.

“Permohonan usul pemberian gelar pahlawan nasional kepada Presiden melalui Dewan Gelar. Sebelumnya diadakan verifikasi, penelitian dan pengkajian melalui proses seminar, diskusi, serta sarasehan di daerah kelahiran serta di tingkat nasional ” tutur Menteri Sosial.

Seperti diketahui bahwa undang-undang memperbolehkan masyarakat untuk mengusulkan nama-nama yang dinilai tepat untuk mendapat anugerah sebagai pahlawan perintis kemerdekaan dan pahlawan nasional.

Sementara itu, sebagai Ketua panitia Hj. Oni Jafar Hafsah, SE. menyampaikan bahwa acara yang digelar organisasi wanita pengusaha ini menyediakan 150 Stand menampilkan produk unggulan dari UKM binaan BUMN, Perbankan, Binaan Asosiasi, Himpunan dan gabungan pengusaha. Dan diisi berbagai kegiatan diantaranya pameran, seminar, talkshow, aneka lomba seperti lomba busana muslim, lomba paduan suara, lomba aneka ta’jil, Lomba Line Dance dan Lomba Kreatifitas Anak.

Galeri:

IMG-20170605-WA0027

Menteri

IMG-20170602-WA0014

IMG-20170602-WA0015

IMG-20170605-WA0028

IMG-20170601-WA0006

WhatsApp-Image-2017-06-02-at-12.05.14-PM

Create Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *