Berita

  • Home
  • Berita
  • Kowani dan Kemenkes Bekerjasama dalam Orientasi Germas Dan Pencegahan Stunting Tahun 2019

Kowani dan Kemenkes Bekerjasama dalam Orientasi Germas Dan Pencegahan Stunting Tahun 2019

  • adminkowani
  • 27 August 2019
News Image

Tahun 2019 Kongres Wanita Indonesia (Kowani) bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan RI kembali menyelenggarakan Orientasi Germas Dan Pencegahan Stunting.

Pembangunan kesehatan adalah upaya yang dilakukan semua komponen bangsa yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemampuan, kemauan hidup Sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya sebagai investasi bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif secara sosial dan ekonomi. Undang-undang no 36 tahun 2009 tentang kesehatan, bab III tentang hak dan kewajiban merupakan tanggung jawab bersama baik Pemerintah maupun masyarakat. Oleh karena itu, pedoman orientasi Germas dan pencegahan stunting sangat penting dan semua pihak diharapkan berperan serta aktif dalam pembangunan bangsa. Keberhasilan  Ormas dalam meningkatkan peranserta masyarakat dapat diketahui dengan adanya peningkatan perilaku sehat individu, serta tercipta sinergi yang dapat menguatkan upaya pembangunan kesehatan yang dilakukan pemerintah bersama komponen masyarakat lainnya dalam upaya penurunan angka kematian dan kesakitan.

Tujuan Orientasi Germas Dan Pencegahan Stunting secara umum untuk meningkatkan pengetahuan ketrampilan peserta dalam menggerakkan masyarakat untuk melaksanakan Germas dan mencegah stunting. Setelah mengikuti orientasi diharapkan peserta mampu memahami Germas, memahami upaya yang harus dilakukan untuk pencegahan stunting, serta memahami teknik penggerakan masyarakat mencegah stunting dan paham akan komunikasi efektif dalam melaksanakan penggerakan Germas dan pencegahan stunting. Peserta juga diharapkan dapat memahami akan tugas serta tanggung jawab dalam pencegahan stunting dan  melaksanakan pergerakan masyarakat di wilayah binaannya.

Selama orientasi ada proses dan metode untuk dapat memahami apakah Germas dan bagaimana pencegahan stunting. Acara dilaksanakan dari tanggal 19 sampai dengan 25 Agustus 2019 di daerah Langkat Binjai dengan 50 kader peserta yang bertanggung jawab untuk mengumpulkan sebanyak 300 orang menjadi motivator dari 6 desa.

Dari Kowani hadir  Ibu Nuning Siregar selaku Ketua Koordinator Bidang Soskeskel, Ibu Chamsiar AR, SE selaku Wasekjen Pemerhati Bidang Soskeskel, Ibu Susianah selaku Ketua Bidang Soskeskel, Ibu Angelia Sasongko selaku Bendahara Umum Kowani serta Ibu Ery Simanjuntak selaku Ketua Bidang Humas Kowani serta Ibu Titiek Arema selaku anggota Bidang Soskeskel dan Ibu Suzanna Mulyani selaku anggota Bidang Humas Kowani.

Pada kegiatan tersebut hadir pula Ibu Zuraidah Thoga selaku pengarah dari Promkes dan  Dr.Sadikun Winato yang memberikan sambutan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Langkat .

Create Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *