Berita

  • Home
  • Berita
  • HUT Emas BKOW Sumbar, Giwo Rubianto: “Ibu Bangsa Harus Terus Berkarya”

HUT Emas BKOW Sumbar, Giwo Rubianto: “Ibu Bangsa Harus Terus Berkarya”

  • adminkowani
  • 18 October 2018
News Image

Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Sumatera Barat genap berusia 50 tahun. Perayaan HUT Emas kali ini dipusatkan di Aula Kantor Gubernur Sumatera Barat di Padang, Rabu (17/10).

Hadir pada kesempatan tersebut Dr. Ir. Giwo Rubianto Wiyogo, M.Pd., Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (Kowani) sekaligus Vice President International Council of Women (ICW), Hj. Wartawati Nasrul Abit, S.Pd., M.Pd., Ketua BKOW Sumbar dan segenap organisasi wanita yang berada di bawah BKOW Sumbar.

Acara yang berlangsung meriah tersebut diisi dengan berbagai kegiatan.

Dalam sambutannya, Giwo Rubianto mengatakan, Kowani dan BKOW adalah mitra sejajar yang memiliki benang merah dan mempunyai kesamaan tujuan yaitu, meningkatkan kepedulian terhadap pentingnya pendidikan, kesehatan, pengetahuan politik, kesadaran hukum, perlindungan hak perempuan dan anak serta meningkatkan usaha ekonomi perempuan.

“Ini bersinggungan langsung dengan beberapa resolusi ICW, yang pada September 2018 lalu telah mengadakan General Assembly ICW di Yogyakarta yang dihadiri oleh 73 negara,” lanjut Giwo.

Diterangkan pula, beberapa resolusi ICW, di antaranya: mendesak pemerintah untuk menguatkan regulasi dan kerjasama internasional terkait perlindungan perempuan dalam penggunaaan internet; Mengajak semua dewan kawasan untuk mendesak masing-masing pemerintah melaksanakan dan menegakkan hukuman yang efektif atas kekerasan yang terjadi kepada perempuan tua.

Juga mendesak pemerintah memperkuat hukum pencegahan kekerasan kepada perempuan migran (terutama dari kawan Sub-Sahara Afrika) dan menyatukan upaya pencapaian HAM perempuan di tingkat nasional dan internasional; Meminta perempuan untuk terlibat sebagai politisi dan mengambil kebijakan, baik di tingkat lokal dan regional mengenai akses dan ketersediaan air, serta terlibat dalam peremcanaan masyarakat sebagai perempuan ahli di bidang perlindungan sumber air bersih.

ICW juga mengajak para perempuan anggota dewan untuk melakukan tindakan dalam mencegah dan memberantas segala bentuk pelecehan dan kekerasan kepada perempuan sebagai elemen inti kesetaraan gender dan pemberdayaan wanita.

Giwo Rubianto juga mengharapkan BKOW dapat meluaskan wadah organisasi perempuan dengan melakukan langkah besar mewujudkan wanita Indonesia yang berkarakter dan terus menyesuaikan diri tanpa kehilangan jati dirinya sekaligus mampu mengawal spirit perjuangan untuk kita tularkan kepada anak bangsa.

“Kiranya terus semakin matang dan berkembang dalam memperjuangkan kemajuan dan martabat perempuan. Marilah kita terus mengemban konsep “Ibu Bangsa” yang intinya adalah bahwa kewajiban utama perempuan Indonesia harus mampu membina generasi muda yang memiliki Nasionalisme yang kuat, sehingga kelak mampu menjadi pemimpin-pemimpin bangsa yang unggul dan berdaya saing, inovatif, kreatif, sehat jasmani dan rohani, di masa depan yang teguh di dalam imtaq (Iman dan Taqwa) serta tangguh di dalam Iptek (ilmu pengetahuan dan teknologi),” ujar Giwo.

Sementara itu, Wartawati Nasrul Abit Ketua BKOW Sumbar mengatakan, BKOW tingkat Provinsi Sumbar berdiri pada 17 Oktober 1968.

“Selama ini BKOW bersama organisasi anggota telah berjuang meningkatkan harkat dan martabat perempuan dan perlindungan terhadap anak,” urai Wartawati.

Sumber link: http://innews.co.id/hut-emas-bkow-sumbar-giwo-rubianto-ibu-bangsa-harus-terus-berkarya/

Create Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *