Berita

  • Home
  • Berita
  • 1.000 Orang Lakukan Rapid Test yang Digelar Kowani

1.000 Orang Lakukan Rapid Test yang Digelar Kowani

  • adminkowani
  • 30 May 2020
News Image

Banyak kalangan membantu pemerintah dalam upaya memutus mata rantai penularan covid-19, salah satunya Kongres Wanita Indonesia (Kowani) yang menggelar rapid test untuk 1.000 anggotanya dan masyarakat umum. Kegiatan itu digelar selama 3 hari mulai Kamis sampai Sabtu tanggal 28 Mei sampai 30 Mei 2020 di Kantor Kowani, Jalan Imam Bonjol No.58 Jakarta Pusat.

Kegiatan ‘rapid test’ ini sangat cepat, sangat berguna dan tepat sasaran, karena Kowani sebagai organisasi federasi perempuan tertua dan terbesar di Indonesia, dengan 97 organisasi¬†yang bergabung dan jumlah anggota sekitar 87 juta orang yang tersebar di seluruh pelosok Nusantara, dimana sebagian besar anggota Kowani belum pernah mengikutinya” ujar Ketua Umum Kowani Dr. Ir. Giwo Rubianto Wiyogo, M.Pd.

Rapid test ini terselenggara atas kerjasama antara Kowani dengan Kementerian Kesehatan RI sebagai bentuk dukungan dalam penanganan pandemi covid-19 di Indonesia.

Selain digelar di Jakarta, rapid test covid-19 Kowani juga akan dilakukan di Surabaya dan Padang. Kegiatan tersebut menjadi bagian dalam tim Solidaritas Bencana Nasional yang diikuti Kowani.


Alat yang digunakan untuk rapid test yang diselenggarakan oleh Kowani yaitu Wuhan Easy Diagnosis Biomedicine dengan tingkat akurasi terpercaya. Dari sekitar 1.000 peserta rapid test, sebanyak 25 orang dinyatakan positif. Mereka langsung dirujuk ke Puskesmas sesuai tempat tinggalnya untuk dilakukan swab test sesuai protokol kesehatan covid-19.
Giwo Rubianto juga berharap agar masyarakat mentaati aturan yang sudah ditentukan pemerintah, terutama saat menjalani suasana baru yang disebut new normal.


Terkait akan dibukanya pusat niaga seperti mal, Giwo Rubianto menghimbau agar sarana primer dahulu yang dibuka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19.

Create Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *